google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Remaja Mencintai Buku

Buku, adakah diantara kamu klo udah nyebut yang namanya buku pasti bawaannya ngantuk .kalau saya doyan yang namanya baca buku novel,kalo buku pelajaran kadang - kadang suka gagal fokus malah terbawa mata tinggal 5 watt volt nya hehe.
Tapi sebener - benernya dengan membaca lah kita bisa lebih tau tentang buanyak banget hal ,jadi kita itu harusnya menjalani hidup ini itu belajar dari pengalaman dan banyak lah membaca buku .
Pakar sastra anak, Erin Clarke, Liv Hanson, Rene’ Kirkpatrick dan Melissa Taylor dalam Read Brightly menulis jenis buku yang cocok dibaca anak usia 11 dan 12 tahun antara lain:

Fant
asi, Magic, dan Horror

Jenis buku ini membuat anak remaja awal bisa bebas dari teknologi dan mengembangkan kemampuan imajinasi dan kreatifitas mereka. Mereka bisa berimajinasi dan berkelana di dunia ilusi, hantu, naga, dan lain sebagainya.

Petualangan dan Misteri

Anak senang berimajinasi bahwa diri merekalah karakter utama dalam sebuah cerita. Mereka akan merasa bisa melakukan apa saja dalam petualangan dan cerita misteri yang seru dan mengguggah semangat mereka.

Coming-of-Age

Orang tua juga bisa memilih buku yang karakter utamanya mengalami kesulitan dalam hidup. Akan lebih baik lagi bila karakter utamanya berusia sama dengan anak., sehingga mereka akan merasa terhubung dan memahami kesulitan hidup para tokoh dalam bukunya. Ini bisa meningkatkan rasa empati anak terhadap orang lain.

Terinspirasi dari sejarah

Plot dan karakter yang dinamis membuat anak remaja betah membacanya. Buku dengan latar sejarah atau fiksi sejarah sangat baik dibaca karena mereka bisa menghubungkannya dengan pengalaman yang terjadi di dunia nyata.
Nonfiksi

Buku-buku nonfiksi yang diangkat dari kisah nyata atau pengalaman seseorang bisa menginspirasi dan mengedukasi pembaca. Anak akan banyak belajar dari berbagai orang berpengaruh yang ada di dunia ini.
Manfaat dari membaca untuk kita adalah :

Membaca membatu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
Dengan sering membaca, seseorang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat.
Membaca dapat meningkatkan memori pada otak kita.
Membaca dapat meningkatkan kedisplinan dalam sehari-hari.
Membaca dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus pada pikiran.
Membaca dapat meningkatkan kretivitas


No comments:

Post a Comment