google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Membuat Tugas sekolah Laporan Pengamatan

Habis ada acara kunjungan ke sebuah tempat nih ,saya disuruh guru untuk buat laporan pengamatan dari hasil kunjungan tersebut .jadilah ngobrak abrik internet nih nyari referensi gimana sih buat laporan pengamatan itu .
Pengamatan adalah sebuah aktivitas yang dilakukan dengan sengaja serta terencana dengan tujuan agar memperoleh suatu informasi atas apa yang telah menjadi tujuan dari pengamatan itu sendiri.
teks laporan merupakan sebuah tulisan yang memaparkan atau menggambarkan hasil fonomena hasil dari pengamatan kepada pembacanya.

Struktur Teks Laporan Pengamatan
  1. Disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi yang diikuti dengan aspek yang di laporan. 
  2. Pernyataan umum di tulis di awal paragraf. Pada tahap penyataan umum yang dimaksudkan adalah suatu kata pembuka atau pengantar tentang apa yang akan di laporkan.

Ciri-Ciri Teks Laporan pengamatan atau observasi


  1. Laporan yang ditulis bersifat fakta
  2. Laporan Bersifat objektif
  3. Laporan hasil harus ditulis lengkap dan sempurna
  4. Tidak memasukan unsur-unsur menyimpang atau moral yang tidak baik, seperti propaganda, pemihakan, atau penuduhaan dan atau pransangka buruk.
  5. Laporan disajikan secara menarik pembaca, baik dalam hal tata bahasa atau pemilihan kata (diksi) yang jelas, isinya yang berbobot yang penting, dan susunan teksnya harus logis.
  • Menentukan judul teks laporan pengamatan berdasarkan objek yang ingin diamati. Penentuan judul biasanya didasarkan atas ketertarikan penulis akan suatu masalah yang melatarbelakanginya.
  • Membuat kerangka laporan pengamatan.
  • Membuat kalimat pembuka laporan pengamatan.
  • Mengembangkan ide-ide yang ada di dalam kerangka yang sudah di buat. Pengembangan kerangka karangan harus sejalan dengan tujuan.
  • Menyusun isi sebuah laporan dengan gagasan pokok, dan saran yang disertai alasan mengenai teks laporan.
  • Membuat kalimat penutup, Kalimat penutup berupa kesimpulan yang diambil dari pengamatan.

No comments:

Post a Comment