google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Perlunya Dongeng itu Dibacakan

Mari mengulik tentang apa sih guna nya atau manfaatnya kita sering membaca bahkan mempelajari tentang cerita / dongeng / cerita sebelum tidur itu .

Berikut ini adalah beberapa Fungsi/Manfaat/Kebaikan dari Dongeng bagi kita untuk  :

1. Mengajarkan Nilai Moral Yang Baik
Dengan memilih dongeng yang isi ceritanya bagus, maka akan tertanam nilai-nilai moral yang baik.  Mendongeng mungkin memiliki efek yang lebih baik 

2. Mengembangkan Daya Imajinasi
cerita-cerita dalam bentuk suara dapat membuat anak berimajinasi membayangkan bagaimana jalan cerita dan karakternya. Anak-anak akan terbiasa berimajinasi untuk memvisualkan sesuatu di dalam pikiran untuk menjabarkan atau menyelesaikan suatu permasalahan.

3. Menambah Wawasan
Dengan terbiasa mendengar dongeng dari pendongengnya biasanya akan bertambah perbendaharaan kata, ungkapan, watak orang, sejarah, sifat baik, sifat buruk, teknik bercerita, dan lain sebagainya. 

4. Meningkatkan Kreativitas 
Kreatifitas anak bisa berkembang dalam berbagai bidang jika dongeng yang disampaikan dibuat sedemikian rupa menjadi berbobot. 

5. Mendekatkan
Terjadinya interaksi tany
a jawab antara anak-anak dengan orangtua secara tidak langsung akan mempererat tali kasih sayang. Selain itu tertawa bersama-sama juga dapat mendekatkan hubungan emosional antar anggota keluarga. 

6. Menghilangkan Ketegangan / Stress

Jika sudah hobi mendengarkan cerita dongeng, maka akan merasa senang dan bahagia jika mendengar dongeng. Dengan perasaan senang dan mungkin diiringin dengan canda tawa, maka berbagai rasa tegang, mud yang buruk dan rasa-rasa negatif lain bisa menghilang dengan sendirinya.

Pada umumnya, anak-anak sangat menyukai dongeng, baik itu berupa dongeng binatang (fabel), kisah rakyat (folklore), kehidupan tokoh-tokoh dunia yang terkenal, dan sebagainya. Dalam perkembangannya, tradisi mendongeng mulai tersaingi oleh televisi dan video game yang merupakan produk dari perkembangan teknologi.

No comments:

Post a Comment