google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Menulis Dan Menentukan Gagasan Utama

Pasti kamu pernah dapet tugas mengarang atau bisa jadi nulis karya ilmiah ,kamu tahu kah pengertian dari gagasan utama ???

Gagasan utama atau biasa yang disebut dengan gagasan pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan. Dengan bahasa lain gagasan utama merupakan gagasan yang menjadi dasar dari pengembangan sebuah paragraf. Biasanya gagasan utama terletak pada kalimat utama yang terletak pada awal dan akhir paragraf. Namun ada juga paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal dan di akhir sekaligus.

Pada sebuah karangan pada umumnya terdiri atas beberapa paragraf ,paragraf yang baik hanya mengandung satu gagasan utama .Nah berdasarkan letak gagasan utamanya paragraf dapat dibedakan menjadi empat, yaitu :
  • paragraf deduktif , kalimat utamanya terletak di awal paragraf
  • Paragraf induktif , kalimat utamanya terletak di akhir paragraf
  • paragraf campuran , kalimat utamanya terletak di awal paragraf kemudian diulangi kembali di akhir paragraf
  • paragraf deskriptif , paragraf yang tidak memiliki kalimat utama
Saat kita mau menulia suatu karangan kan kadang kita perlu referensi - referensi dari beberapa buku nih .lalu Bagaimana cara menentukan gagasan utama sebuah artikel?

Ada dua cara untuk menentukan gagasan utama sebuah artikel yakni:

a. Cara pertama yaitu kita temukan terlebih dahulu pokok utama atau ide utama atau gagasan utama di tiap-tiap paragraf. Kemudian dirangkum menjadi satu lalu ambilan sebuah kesimpulan.

b. Cara kedua yaitu kita membaca dan memahami semua paragraf dengan cermat lalu mengambil kesimpulan.

Cara kedua biasanya lebih kita sukai karena tidak butuh waktu yang lama untuk melakukannya terutama bagi kita yang sudah terbiasa membaca artikel. Akan tetapi untuk bisa lebih akurat, hendaknya kita menggunakan cara yang pertama namun akan memakan waktu yang lebih lama.

No comments:

Post a Comment