google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Apa sih Wawancara itu ???

Kamu tahu tentang pengertian wawancara kah ? nah tiba - ada tugas nih dari sekolah untuk nyari narasumber and lanjut mewawancarai dengan beberapa point pertanyaan.banyak hal loh yang harus di siapkan ,tapi sebelumnya kita ulas apa pengertian dari wawancara itu sendiri apa ya.
Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang untuk dimintai keterangan atau pendapat mengenai sesuatu hal .


Tujuan Wawancara yaitu, sebagai berikut :
1. Tujuan wawancara adalah untuk mendapatkan data dari tangan pertama (primer).
2. Tujuan wawancara yaitu sebagai pelengkap teknik pengumpulan lainnya.
3. Tujuan wawancara ialah untuk menguji hasil pengumpulan data lainnya.
Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli

Wawancara, menurut Lexy J Moleong (1991:135) dikemukakan bahwa wawancara merupakan suatu percakapan dengan tujuan-tujuan tertentu. Pada metode ini peneliti dan responden berhadapan langsung (face to face) untuk memperoleh informasi secara lisan dengan tujuan mendapatkan data yang dapat menjelaskan permasalahan penelitian.


Menurut Charles Stewart dan W.B. Cash, Wawancara merupakan proses interaksi dipasangkan dengan sebuah tujuan serius dan telah mempunyai maksud dan tujuan untuk bertukar perilaku dan melibatkan tanya jawab.

Menurut KBBI, Wawancara ialah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh seorang pewawancara sebagai penanya dan narasumber sebagai orang yang ditanya.

Menurut Denzig, Wawancara merupajan suatu kegiatan yang dipandu dan rekaman pembicaraan atau tatap muka suatu percakapan yang di mana seseorang mendapat informasi dari orang lain.
Robert Kahn dan Channel

Menurut Robert Kahn dan Channel, Wawancara adalah suatu pola khusus dari sebuah interaksi yang dimulai secara lisan untuk suatu tujuan tertentu dan difokuskan pada daerah konten yang spesifik dengan suatu proses eliminasi dari bahan-bahan yang tidak ada hubungannya secara berkelanjutan.

Menurut Koentjaraningrat, Wawancara adalah suatu cara yang digunakan untuk tugas tertentu, mencoba untuk mendapatkan sebuah informasi dan secara lisan pembentukan responden, untuk berkomunikasi secara tatap muka.

Lalu ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum melakukan wawancara yaitu :
  1. menentukan topik wawancara 
  2. membuat daftar pertanyaan untuk wawancara 
  3. menetapkan waktu untuk wawancara 
  4. menentukan narasumber yang hendak kita wawancarai 
  5. melakukan wawancara dengan narasumber 
reporter : salah satu jenis jabatan kewartawanan yang bertugas melakukan peliputan berita 
narasumber : sumber berita yang akan dicari 

 

No comments:

Post a Comment