google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Mengatasi Smartphone yang Cepat Panas

Yang punya smartphone atau smartphone android pasti pernah ngerasain smartphone nya panas kayak baru di jemur diteriknya matahari. Apalagi jika smartphone kamu dikantongin, pasti berasa panasnya. smartphone emang kalau digunain apalagi dengan data internet yang terus aktif pasti bakalan buat smartphone panas, emang wajar sih. Tapi kalau panasnya udah berlebihan banget itu bisa ngerusak smartphone kamu. smartphone yang panas akan membuat batrai jadi cepat habis. Jika terus-terusan kayak gitu batrai smartphone kamu bakalan minta ganti baru alias soak.

Apalagi jika kamu seorang penggemar game online, udah ukuran gamenya besar memakan data internet yang banyak juga, itu ngebuat smartphone kamu makin cepat panas. smartphone yang cepat panas bukan hanya bikin batrai boros tapi juga bikin smartphone kamu jadi lemot. Kalau keseringan gitu, maka smartphone kamu gak akan panjang umurnya bakalan cepat rusak. Ada banyak faktor yang menyebabkan smartphone jadi cepat panas dan kamu harus tau penyebabnya biar kamu bisa ngatasinnya sebelum smartphone kamu rusak.


Faktor Penyebab Smartphone Cepat Panas

1. Penggunaan yang berlebihan
Kalau kamu ingin smartphne kamu tahan lama kasih jeda dong dalam penggunaannya. Misal kamu main game online ataupun offline dalam waktu yang lama banget tanpa ada jeda, itu bikin nguras daya batrai dan buat smartphone kamu panas. Tangan kamu pun pasti jadinya panas. Makanya kalau gunain smartphone kasih waktu istirahat kalau smartphone kamu mulai terasa panas.

2. Aplikasi yang aktif di background
Kamu seringkan biarin aplikasi yang aktif di background sampai kadang banyak banget gak kamu bersihkan. Tanpa kamu sadari itu bikin batrai kamu jadi cepat habis dan lama kelamaan smartphone kamu jadi panas loh.

3. Signal yang tidak stabil
Signal yang tidak stabil akan membuat kerja smartphone kamu lebih keras lagi. Apalai signal internet kamu yang tidak stabil pasti lebih cepat lagi smartphone kamu panas. Kalau saran aku sih gunain kartu yang punya jaringan lebih stabil dan kalau emang jaringannya lagi gak bagus lebih baik kamu matikan aja data internetnya.

4. Peletakan smartphone
Smartphone yang diletakkan misalnya di bawah bantal ataupun di dalam tas bakalan bikin smartphone kamu panas. Kamu harus meletakkan smartphne kamu ditempat yang tidah terhalang atau diruang bebas jagan ditumpuk-tumpuk apa pun.

5. Pemakaian di tempat panas
Bukan hanya dari penggunaan smartphone saja yang membuatnya jadi panas, tapi penggunaannya di tempat yang panas juga bisa bikin smartphone kamu panas. Itu merupakan salah satu faktor eksternal yang bikin smartphone panas.

6. Batrai yang rusak
Kamu harus memperhatkan batrai smartphone kamu. Jika batrai kamu udah gembong maka buruan ganti deh. Jika di pertahanin gitu terus smartphone kamu bukan hanya cepat panas tapi cepat rusak juga.


Naah tu kamu udah tau faktor-faktor apa aja yang bikin smartphone jadi cepat panas. Sebagai pengguna smartphone yang aktif kita haru bijak dan harus peduli tentang smartphone kita agar tahan lama pastinya. Kalau kamu udah tau kenapa smartphone jadi cepat panas, ini ada tips cara untuk mengatasi smartphone agar tidak cepat panas.


Cara Mengatasi smartphone agar tidak cepat panas
1. Perhatikan kondisi batrai
Jika batarai kamu sudah tidak layak pakai lagi lebih bagus kamu ganti ajalah batrainya dari pada smartphone kamu yang diganti kan lebih baik ganti batrai aja lebih murah juga. Tapi ingat kalau belik batrai itu yang original ya. Bukannya sombong tapi kalau kamu belik yang istilahnya KW maka bisa bikin smartphone kamu tambah cepat panas.

2. Biarkan smartphone di charge
Kalau smartphone kamu lagi di charge jagan digunain dulu. Biarin aja dulu penuh batrainya jadi smartphone kamu juga gak panas dan batrai cepat terisi. Kalau kamu juga mau batrai cepat terisi, saran aku matikan data internet kamu. Itu akan sangat membantu untuk mempercepat pengisian batrai.

3. Pakai kabel charge yang benar
Saat kamu mengecharge usahain gunakan charger bawaan smartphone kamu. Itu tidak hanya akan mempercepat pengisianbatrai tapi juga tidak membuat smartphone panas saat di charge. Juga kalau kamu ngecharge pastikan kamu gubain kabel aslinya jangan kabel USB. Apalagi kamu kalau ngechargenya di laptop, aduuh itu gak bagus banget.

4. Letakkan smartphone dengan benar
Jika kamu sedang tidak menggunakan smartphone, letakkan di tempat yang terbuka seperti diatas meja. Jangan letakkan di dalam lemari, laci ataupu dibawah bantal. Tapi kau juga harus memperhatikan suhunya.  Jangan terkena paparan sinar matahari langsung. Jika terlalu lama maka akan berdampak buruk yaitu dapat membuat komponen atau hardware pada smartphone mudah rusak. Ketika smartphone diletakan ditempat yang lembab, maka ini lebih beresiko dapat kemasukan air entah dalam jumlah sedikit apalagi jika smartphone kamu tidak anti air. Jika suhu yang terlalu dingin akan menyebabkan komponen hardware pada smartphone mudah sekali untuk karat, sehingga akan berdampak keruskaan yang fatal pada setiap komponen yang berkarat.

5. Bersihkan smartphone dari debu
Kamu pernah gak bersihin smartphone kamu dari debu? Mungkin kamu belum pernah tuh. Tapi kamu harus membersihkan debu-debu itu, karena debu yang menempel pada smartphone bisa menyebabkan terjadinya overheating, hal ini bisa terjadi karena lubang yang tersedia pada body jika tertutup oleh debu akan menyebabkan suhu panas dari smartphone tidak dapat keluar. Cara bersihinnya gak sulit kok. Kamu tinggal bersihkan debu dengan pembersih telinga sampai debunya hilang.Tapi kamu perlu perhatikan jangan sampai kapas yang ada pada pembersih telinga menempel pada bagian perangkat smartphone.

6. Periksa aplikasi yang terinstal
Kadang aplikasi yang membuat CPU bekerja terus menerus walau tidak digunakan akan membuat kerja batrai jadi tidak normal. Sebaiknya kamu pilih aplikasi yang emang kamu butuhin dan gak terlalu memakan kapasitas RAM.  Itu akan membantu mempercepat kerja smartphone kamu dan menguranginya dari panas yang berlebihan.

No comments:

Post a Comment