google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Daftar Sosial Media Terpopuler di Indonesia

Sosial media merupakan tempat berkomunikasi online yang dapat berbagi teks, foto, video dan banyak lagi dengan orang lain. Seiring dengan perkembangan zaman sosial media sudah sangat banyak. Perusahaan-perusahaan IT berlomba-lomba membuat sosial media yang dapat digunakan dengan mudah dan memiliki daya tarik yang tinggi. 

Sekarang ini siapa sih yang gak punya akun sosial media. Pasti kamu punya kan dan pasti gak cuman satu aja tu akunnya. Pasti setiap harinya kamu buka sosmed kamu, entah itu posting keseharian kamu, chating ataupun sekedar liat-liat timeline doang. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari sosmed, mulai dari teman baru, informasi di seluruh dunia dan banyak lagi. Banyak banget emang sosial media yang bermunculan sekarang ini. Sampai-sampai bingung harus gunain yang mana. Tapi di Indonesia sendiri cuman beberapa sosmed aja ni yang populer dikalangan anak muda maupun orang tua.

Ini sosmed terpopuler di Indonesia

1. Facebook
Di peringkat pertama itu ada facebook. Siapa yang tak kenal sosmed ini. Facebook merupakan sosial media yang diprakarsai oleh Mark Zuckerberg (sebagai pendiri utama), Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004.  Facebok ini menjadi sosial media yang paling populer di Indonesia dengan 65 juta pengunjung berbeda
setiap bulan. Facebook yang merupakan situs jejaring sosial berbasis web ini diciptakan dengan tujuan agar orang dapat mencari teman atau keluarga yang jarang kita temui. Dan sekarang pun dengan facebook kita dapat chating, bermain game, video call dan banyak lagi. Meskipun merupakan jejaring sosial berbasis web, namun seiring berkembangnya teknologi dan banyaknya pengguna, kini facebook juga dapat digunakan di mobile phone.

2. Twitter
Twitter menjadi sosial media populer di Indonesia kedua setelah facebook dengan total pengguna yang mencapai angka 19,5 juta pengguna. Banyak yang menggemari Twitter karena ringkas dan sangat cepat dalam update informasi. Twitter memang berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”. Bahkan ada iklan yang mengatakan bahwa Twitter lebih cepat dari gempa.

Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat luar biasa. Logo situs ini yang merupakan lambang burung ini pun selalu bersanding di samping logo Facebook pada setiap iklan produk dan promo acara, menunjukkan betapa terkenalnya situs jejaring sosial ini.

3. WhatsApp
WhatsApp merupakan aplikasi sosial media yang mendaftarnya dengan mencantumkan nomor HP. Dan list contact nya pun akan terbaca otomatis dengan daftar nomor HP yang ada di ponsel kamu. Aplikasi chat gratis ini memiliki fitur yang sangat simple, selain juga dapat digunakan untuk berkirim pesan, sekarang WhatsApp juga mampu mengirim voice record dan juga menelepon. Tampilannya yang simple membuat aplikasi ini menjadi favorit orang-orang karena tidak membebani memori handphone. Diketahui pengguna WhatsApp di Indonesia mencapai angka 34 juta pengguna

4. BBM
Semenjak kemunculannya pertama pada awal tahun 2010, aplikasi sosial media ini langsung menarik hati banyak orang termasuk di Indonesia. Aplikasi yang pada awalnya hanya tersedia di platform blackberry ini langsung membuat banyak orang berpindah menggunakan mobile phone blackberry. Biarpun dibilang langkah besarnya dalam membuka aplikasinya untuk pengguna ios, android dan windows phone dianggap sebagai kerugian besar, namun sebanyak 8 juta orang masih menggunakan aplikasi BBM ini.

5. Line

Sama halnya dengan WhatsApp, sosial media asal Jepang ini juga merupakan aplikasi sosial media yang banyak digunakan di Indonesia dengan 10 juta orang tercatat telah menggunakan aplikasi ini. Line digunakan untuk chatting dengan teman, tentunya secara gratis juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, Line juga dilengkapi dengan kumpulan stiker lucu agar pengguna betah menggunakan aplikasi ini. Selain itu juga ada fitur seperti timeline dimana penggunanya dapat mengshare statusnya supaya dibaca oleh teman-temannya.

6.  Path
Path adalah apliaksi yang menangkap semua momen-momen penting kamu yang di dukung oleh GPS lokasi yang mempublikasikan sebuah tautan bagi para teman Path kamu agar mengetahui keberadaan kamu.
Saking populernya sosial media satu ini, sampai sahamnya dibeli oleh salah satu pengusaha Indonesia bernama Aburizal Bakrie. Sayangnya sosial media path ini hanya bisa digunakan melalui mobile phone saja. Namun hal tersebut tidak menurunkan orang-orang untuk menggunakan sosial media ini. Terbukti sebanyak 30 juta orang menggunakan aplikasi ini. Tampilannya yang simpel dan mudah digunakan semakin membuat orang menyukai aplikasi sosial media ini. Perlu diingat juga bahwa path tidak dapat menampung banyak teman layanknya facebook dan twitter.

7. Instagram

Kalo sosmed yang satu ini kamu pastinya punya kan. Sosial media ini sangat banyak pengginanya di Indonesia dengan  lebih dari 30 juta pengguna. Sosial media populer ini biasa digunakan oleh orang untuk mengabadikan momen-momen berharga dari hidupnya. Pada awalnya hanya penggguna ios saja yang dapat menggunakan instagram, namun karena ternyata banyaknya peminat aplikasi ini akhirnya instagrampun dirilis untuk versi android dan juga windows phone. Dengan demikian semakin membuat pengguna instagram semakin banyak.

8. Skype
Yang ini tentu saja sangat power full bagi para pecinta chat atau pun video call, jadi ini sangat menjadi rekomendasi buat kamu yang ingin mengobrol lebih jelas. Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar eknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis.

9. Youtube
Social media berupa video sharing ini sangat populer di Indonesia, berkat youtube lah banyak orang Indonesia yang bisa terkenal secara mendadak atau dibilang artis youtobe. Sebagai sosial media populer di Indonesia dengan pengguna sebanyak 66% dari jumlah penduduk di Indonesia, youtube tidak hanya digunakan untuk mengshare video saja, namun youtube juga terkadang menyediakan live streaming dari suatu acara penghargaan, sepak bola dan lainnya.

10. Kaskus
Kakus merupakan sosial media asli dari Indonesia dengan 6,5 juta pengguna. Tidak ada orang yang tidak mengenal kaskus.  Kaskus merupakan situs jejaring sosial berbasis forum yang paling populer di Indonesia. Namun kaskus tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi saja, bagi orang-orang yang melakukan transaksi jual beli juga bisa menggunakan kaskus. Kaskus menyediakan fitur fjb (forum jual beli) yang bisa dimanfaatkan oleh orang untuk melakukan jual beli barang. Bahkan saking popularnya jejaring sosial ini, banyak dari kamu pasti pernah mendengar kata-kata seperti "agan" atau "pertamax"? Yaa.. yang membesarkan kedua kata ini sendiri adalah komunitas besar dari kaskus.


Dari beberapa sosial media tadi pasti kamu punya kan? Yang mana pun yang kamu punya, kamu harus bijak dalam menggunakannya sesuai kebutuhan. Karena sosial media yang bermanfaat digunakan oleh pengguna yang bijak. :)

No comments:

Post a Comment