google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Asap Rokok Tidak Baik Buat Tubuh Kita

Banyak temen - temen yang masih anak sekolahan tapi udah berani coba - coba merokok ,alasan awalnya coba - coba lah atau biar nampak keren lah haadeehhh mereka tidak sadar banget ya bahwa merokok itu sangat tidak penting buat tubuh kita .secara umum ternyata bayi dan anak - anak berusia 18 bulan mengalamai kerugian besar karena asap rokok ini .

kita sudah banyak mendengar bahaya dari merokok bagi kesehatan manusia, karena sebenaranya bahaya rokok sudah banyak kita jumpai diberbagai media perihal tentang peringatan tentang bahaya merokok bahkan dikemasannya juga sudah tercantum peringatan bahaya tentang merokok. Tapi anehnya kenapa masih banyak orang yang merokok padahal dikemasannya juga sudah terpampang jelas bahaya yang akan ditimbulkan.

efek dari asap rokok tersebutlah yang dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga yang berat yang bisa membawa kita kepada kematian. Bahaya dari asap rokok sebenarnya bukan hanya untuk perokok aktif saja, tetapi bagi perokok pasif juga akan merasakan dampak negatif dari asap rokok tersebut. 


1. Penyakit Paru

Bahaya merokok dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran nafas dan jaringan paru-paru. Pada saluran napas besar, sel mukosa membesar, dan kelenjar mukus bertambah banyak (hiperplasia). Pada saluran napas kecil, terjadi radang ringan, hingga penyempitan akibat bertambahnya sel dan penumpukan lendir. Pada jaringan paru-paru, terjadi peningkatan juAmlah sel radang dan kerusakan alveoli (cabang dari paru).

2. Penyakit Jantung Koroner

Suatu penyakit yang terjadi ketika ada penyumbatan parsial aliran darah ke jantung. Penyebab utama dari jantung koroner adalah nikotin dan karbon monoksida. Bahaya asap rokok ini dapat mengganggu irama jantung dan menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah jantung, sedangkan karbon monoksida, dapat menyebabkan pasokan oksigen pada jantung berkurang karena berikatan dengan Hb Darah.

3. Impotensi

Tjokronegoro, seorang spesialis andrologi UI mengungkapkan bahwa nikotin yang dibawa oleh darah akan menyebar ke seluruh organ tubuh, termasuk organ reproduksi. Zat ini akan mengganggu proses spermatogenesis, sehingga kualitas sperma menjadi buruk. Selain merusak kualitas sperma, rokok juga menjadi faktor resiko gangguan fungsi seksual terutama, gangguan disfungsi ereksi ( DE ).

4. Kanker Mulut, Kerongkongan dan Usus

Kanker mulut,dan bibir ini juga dapat disebabkan karena panas dari asap rokok. Sedangkan untuk kanker kerongkongan, didapatkan data bahwa pada perokok kemungkinan terjadinya kanker kerongkongan dan usus adalah  5 – 10 kali lebih banyak daripada bukan perokok.

5. Merusak Otak

Sama halnya dengan Jantung, dampak rokok terhadap otak adalah adanya penyumbatan dan penyempitan pada  pembuluh darah otak yang diakibatkan karena efek nikotin terhadap pembuluh darah. Bahaya asap rokok yang mengandung nikotin, akan mengganggu suplai oksigen terhadap seluruh syaraf pada organ tubuh.

6. Peyakit Katarak

Rokok dapat menyebabkan penyakit katarak sampai pada kebutaan. Resiko pada perokok tiga kali lebih tinggi dibanding bukan perokok.

7. Gigi

Asap rokok membuat para perokok, resiko menderita Periodontitis (Gusi terbakar yang akan mengarah ke infeksi dan merusak jaringan halus dan tulang ) sebesar 10 kali lebih tinggi.

8. Penyakit Asma

Studi di Finlandia menunjukan bahwa perokok pasif (yang menghirup asap rokok), menyumbang timbulnya penyakit asma pada orang dewasa. Dan di Inggris, studi yang dilakukan National Asma Campaign menunjukan bahwa 80% rokok memicu penyebab asma.

9. Kanker Perut dan Lambung


Penyakit akibat merokok yang menyerang perut adalah kanker perut dan lambung. Penelitian menunjukan bahwa tingkat resiko kanker perut berbanding lurus dengan jumlah dan lama merokok.

10. Gangguan Kehamilan

Merokok pada saat kehamilan dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan janin. Menurut WHO tercatat pada tahun 2008 terdapat 45% wanita merokok dan 27% wanita hamil merokok. Pada ibu hamil yang merokok dapat menimbulkan komplikasi kehamilan seperti lahir sebelum waktunya (Prematur), berat badan lahir kurang, mortalitas perinatal, dan gangguan perkembangan janin.

Selain itu asap rokok juga dapat menyebabkan keguguran, gangguan tumbuh kembang anak karena gangguan suplai oksigen dan pernapasan pada janin. Jika ibu merokok 10 batang per hari akan menyebabkan anak menderita gejala asma 2 kali lebih tinggi.

11. Ginjal

Kanker ginjal juga dapat menyerang perokok, dan kanker ini lebih sering ditemukan pada perokok dibandingkan dengan yang tidak merokok.

12. Kanker Leher Rahim

Bagi perokok wanita zat yang terdapat didalam rokok dan juga asapnya, dapat menyebabkan kanker leher rahim.
13. Darah

Resiko terkena kanker Darah ( Leukimia ) pada perokok adalah 1,53 sedangkan pada mantan perokok adalah 1,39.

No comments:

Post a Comment