google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Transportasi Kita

Transportasi Kita
Sejak dulu orang membutuhkan sarana transportasi .dengan sarana ini seseorang bisa berpergian kemanapun dengan lebih mudah dan cepat . Bahkan dewasa ini seseorang bisa bepergian dari satu belahan dunia ke belahan dunia yang lain dalam waktu singkat. Namun semua sarana transportasi darat , udara dan air yang kita lihat sekarang telah mengalamai perubahan dari masa - masa sebelumnya .Ini menunjukkan bahwa transprtasi kita selalu mengalami kemajuan.

Dahulu orang banyak menggunakan tenaga manusia atau hewan untuk alat transportasi .namu cara itu tidak mendapatkan hasil yang maksimal karena tenaga - tenaga itu ada batasnya .Lalu manusia tidak kehilangan akal mereka terus mencba mencari cara dan terus berinvasi dalam menciptakan penemuan - penemuan baru untuk alat transportasi, manusia mulai memanfaatkan tenaga mesin .

 Fungsi Transportasi sebagai berikut :
(1) Fungsi transportasi untuk menghubungkan kota dengan desa atau sebaliknya desa dengan kota.
(2) Fungsi transportasi untuk memajukan suatu daerah, tanpa adanya adanya transportasi maka suatu daerah tidak akan maju.

(3) Fungsi transportasi sebagai pembuka isolasi daerah.
(4) Fungsi transportasi sebagai perangsang pembangunan.
(5) Fungsi transportasi sebagai sarana komunikasi.
(6) Fungsi transportasi sebagai alat pemersatu budaya.
(7) Fungsi transportasi sebagai alat untuk perdagangan.
 Pada umumnya, permasalahan transportasi terletak pada ketidakseimbangan antara kebutuhan sarana, prasarana dan fasilitas transportasi, serta pertumbuhan penduduk dan juga perkembangan ekonomi suatu daerah atau wilayah. Di beberapa kota atau wilayah tertentu di Indonesia masih dijumpai keberadaan prasarana yang tidak seimbang dengan keberadaan dari sarana transportasi. Sarana transportasi tidak seimbang dengan fasilitas penunjang transportasi, tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk, serta tidak seimbangnya perkembangan ekonomi dengan pembangunan wilayah dan daerah.

Solusi agar permasalah transpotasi ini bisa diatasi, sebagai berikut :
(1) Melakukan sosialisasi peraturan lalu lintas khususnya terhadap penggunaan rambu dan marka jalan bagi pemakai jalan, sehingga terwujud keamanan dan keselamtan lalu lintas.
(2) Peningkatan koordinasi antara pihak pemda atau dinas perhubungan dengan kepolisian dalam penegakan peraturan lalu lintas.
(3) Pembangunan, penambahan, perbaikan sarana dan prasaran serta fasilitas transportasi sejalan dengan tuntutan perkembangan wilayah atau daerah.
(4) Kebijaksanaan sistem angkutan massal sebagai upaya pemecahan masalah kemacetan dapat diteruskan pelaksanaannya.
(5) Orientasi pada era globalisasi, terutama dalam hal modal yang memenuhi standar nasional, regional dan internasional, sedangkan personil memenuhi kualifikasi dan kesetaraan terutama dalam hal kompetensi.
(6) Penciptaan iklim bagi investor dalam negeri dan investor luar negeri sebagai patner dalam menyediakan, mengusahakan serta membangun sarana dan prasarana fasilitas transportasi.
(7) Membudayakan kerja sama dengan lembaga penelitian pengembangan perguruan tinggi negeri maupun swasta sebagai mitra dalam pembangunan.

No comments:

Post a Comment