google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Alat Transportasi Udara

  1. Pesawat terbang adalah alat transportasi udara berupa pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter.
  2. Helikopter adalah kendaraan transportasi udara berupa pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap putar yang rotornya digerakkan oleh mesin. Helikopter merupakan pesawat udara yang mengangkat dan terdorong oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal besar. Dibandingkan dengan pesawat bersayap tetap , helikopter lebih kompleks dan lebih mahal untuk dibeli dan dioperasikan, lumayan lambat, memiliki jarak jelajah dekat dan muatan yang terbatas. Sedangkan keuntungannya adalah gerakannya; helikopter mampu terbang di tempat, mundur, dan lepas landas dan mendarat secara vertikal. Terbatas dalam fasilitas penambahan bahan bakar dan beban/ketinggian, helikopter dapat terbang ke lokasi mana pun, dan darat di mana pun dengan lapangan sebesar rotor dan setengah diameter. Landasan helikopter disebut helipad.
  3. Pesawat Luar Angkasa. Tansportasi khusus untuk penjelajahan antariksa atau luar angkasa yang baru bisa dikendarai oleh orang-orang tertentu (Astronout) dan saat ini sedang dikembangkan pesawat luar angkasa untuk komersial, yang bisa dinaiki orang-orang umum asal mampu membayar biaya transportnya yang sangat mahal.
  4. Balon Udara.Balon terbang atau udara merupakan sejenis pesawat terbang, sebuah balon yang dipompa dengan udara. Balon terbang dapat mengambang di udara karena daya apungnya.Awalnya, udara yang dipompakan itu adalah hidrogen. Karena risiko ledakan, sekarang gas mulia helium digunakan sebagai media penggerak.
  5. Seaplane ,Pesawat yang mendarat di air seperti di pantai, sungai, danau, atau laut.
  6. Fighter Aircraft (Pesawat Tempur/Militer),Adalah pesawat militer yang dirancang untuk menyerang pesawat lain di udara. Berbeda dengan pesawat pengebom, yang dirancang untuk menyerang target di permukaan. Pesawat tempur relatif lebih kecil, cepat, dan lincah. 
  7. Light Aircraft (pesawat dengan muatan kecil),Adalah pesawat yang memiliki berat lepas landas Berat maksimum dari 5.670 kg atau kurang.Banyak pesawat ringan digunakan secara komersial untuk penumpang dan angkutan barang , jalan-jalan, fotografi dan peran serupa lainnya serta penggunaan pribadi.
    Airship (Pesawat balon),Sebuah pesawat atau balon adalah jenis aerostat atau lebih ringan dari pesawat udara yang dapat dikemudikan dan didorong melalui udara dengan menggunakan kemudi dan baling-baling atau lainnya dorong mekanisme. Pada awal balon, gas lifting yang digunakan adalah hidrogen , meskipun kekhawatiran yang meluas karena mudah terbakar nya.

No comments:

Post a Comment