google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

tanaman yang bagus buat ngusir nyamuk "hus ,hus nyamuk "

Musim Hujan mulai datang nih, lebih baik kita tanam beberapa tanaman berikut buat ngusir yang namanya nyamuk.karena saat musim hujan gini biasanya si nyamuk nih susah banget kalau diusir ( susah pindah maksudnya ). Lalu si nyamuk seringkali membawa berbagai macam penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan lainnya. Terdapat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyingkirkan nyamuk dari rumah, salah satunya adalah dengan tanaman pengusir nyamuk

1. Basil / Kemangi
Tanaman yang bisa jadi santapan ini ternyata ampuh mengusir nyamuk dan lalat. Tanam basil dalam wadah di dekat pintu atau area luar rumah. kamu juga bisa membuat spray dari basil segar.

2. Lavender
Sudah lama tanaman ini digunakan untuk pengharum ruangan atau lemari pakaian. Aromanya yang disukai manusia ternyata malah dibenci serangga seperti lalat, nyamuk, kutu dan ngengat. Tanam lavender di kebun yang terkena cahaya matahari atau di jalan masuk menuju rumah.

3. Lemongrass
Yang satu ini mampu mengusir nyamuk. Dalam satu musim, ia bisa tumbuh tinggi sampai 4 kaki dan lebarnya 3 kaki. Tanaman sejenis rumput ini terdapat di Florida Selatan. Ia bisa ditanam dalam pot atau di tanah, dengan kondisi drainase air yang baik. Selain aromanya, ia juga bisa jadi bahan masakan. Orang Asia biasa menyebutnya dengan lemongrass dan orang sunda menyebutnya sereh.

4. Lemon thyme
Tanaman herbal yang satu ini bisa beradaptasi di daerah berbatu, kering atau di area yang tanahnya keras, selama daerah tersebut terkena sinar matahari. Namun ia tidak bisa mengusir nyamuk dengan sendirinya. Kita mesti menggosok atau mememarkan daun. Lalu mengusapkannya pada tangan.

5. Mint
Tanaman mint lebih baik ditanam di dalam pot, ketimbang di tanah. Sebab, tanaman ini menyebar dengan cukup agresif, sehingga kalau di tanah, ditakutkan ia akan sulit dicabut. Mint ini selain untuk minuman, juga bisa dipakai untuk mengusir nyamuk. Aromanya ada dalam daun, tangkai dan bunganya. Minyak beraromanya bisa dicampur juga dengan cuka apel atau vodka untuk mengusir nyamuk.

6. Rosemary
Rosemary tersedia dengan berbagai bentuk. Ia bisa tumbuh di wadah, semacam hiasan piramida, kebun tanaman herbal dsb. Selain dijadikan aroma penyedap makanan, tanaman ini juga bisa mengusir nyamuk serta serangga yang membahayakan bagi tanaman. Kita bisa membuat spray dari tanaman ini. Didihkan sekitar rosemary kering dalam air selama 20-30 menit lamanya. Diamkan di wadah dan simpan dalam kulkas. Ketika bau cairan rosemary itu sudah tidak kentara, lebih baik buang saja.

No comments:

Post a Comment