google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Traveling tempat-tempat sejarah di Surabaya


Ini tempat wisata dengan unsur sejarah yang kami kunjungin selanjutnya yaitu Tugu Pahlawan dikota Surabaya.Berangkat menuju Kota SBY dari Mojokerto sekitar jam 10 an , perjalanan dr MJK ke SBY kurang lebih 1 jam lah,sampai di terminal bungurasih SBY suara cacing di perut kami pun udah mulai protes minta dikasih makan :)) maklum kami kan masih remaja jadi dalam masa pertumbuhan bawa'annya Laperrr ajah .Skip deh acara makan ciangnya dengan menu soto ayam.

Singkat cerita setelah perut kenyang ,lanjut deh perjalanan menuju Monumen Tugu pahlawanya.Giliran ngantri nungguin Bus kota tiba - tiba byuuuurrrrrr ( aiiihhh hujan dueres banget ) tidak bawa payung, and tidak bawa jas hujan.Tapi semangat kami tidak luntur loh ,dengan pantang menyerah kami terus melanjutkan perjalanan ( hahaha kayak semboyan arek" suroboyo saat berperang,pantang menyerah ).
Naik bus kota perjalanan kami tempuh selama kurang lebih 30 menit lah, agak macem karena hujan yang menguyur kota SBY.hhhmmm tidak terasa kami sudah sampai ,aaiihhhh sangat menakjubkan.langsung ambil kamera and take the picture ,dan ini dia hasil - hasil bidikan and pose - pose kami chekidottt yeee ................

ini di depan pintu masuk nya ..............tampak belakang patung mantan presiden Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Mohammad Hatta

Tugu pahlawan berbentuk paku terbalik, yaitu diameter bawah tugu lebih besar dari diameter atas. Tugu ini memiliki tinggi 41,15 meter atau 45 yard dan diameter 3,1 meter, yang semakin ke atas, diameter semakin kecil. Selain tugu pahlawan, di area ini terdapat patung dan bangunan lain yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia, khususnya untuk mengenang pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 Nopember 1945.


Pada salah satu sisi, terdapat patung mantan presiden Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Mohammad Hatta ketika sedang membaca proklamasi kemerdekaan diantara pilar-pilar tinggi yang menyerupai reruntuhan suatu bangunan. Pada pilar-pilar juga terdapat tulisan-tulisan pembangkit semangat kemerdekaan yang menyerupai coretan-coretan.


tampak samping dari patung mantan presiden Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Mohammad Hatta

pemisi ya kami numpang pose :)) ............

Untuk menyimpan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan rakyat Surabaya, di areal ini dibuat museum yang dibangun belakangan. Museum ini dibuka sejak tahun 2000 dan dikenal dengan Museum 10 Nopember. Bangunan museum terlihat menarik karena menyerupai piramida-piramida kecil. Pada bagian tengah piramida ini terdapat patung yang menggambarkan tiga pemuda dengan senjata bambu runcing berjuang melawan penjajah.

dibawah ini lah foto tempatnya



pulang dari tugu lalu perjalanan kami lanjutkan ke patung suro-boyo di depan Bonbin Surabaya.
ok ikutin cerita kami selanjutnya ya friends ................. see you :))

1 comment:

  1. hahah,,,foto terakhir is the best picture hemm,,,like this,,,

    ReplyDelete