google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Blogger Pelajar ke Prambanan

Tanggal 29 kami berangkat dari sby menuju kota jogya naik kereta api, hehe jadi teringat lagu "naik kereta api tut tut tutttt ".perjalanan kami tempuh selama 6 jam, ngisi waktu di kereta api sambil ngobrol - ngobrol , foto- foto narsir and tiduuurrr ( habis ngantuk banget,mana AC nya dinginnn ).singkat cerita sampailah kami di jogya sekitar jam 2 siang lah,langsung meluncur kepenginapan untuk istirahat.
tanggal 30 nya kami mulai melakukan traveling , daerah wisata pertama yang kami kunjungi adalah Candi prambanan hhhmmmm ccuantik dan sangat menakjubkan semua candi - candinya.
lalu kami jadi penasaran apa sih sebenernya cerita dibalik candi prambanan tersebut,coba kami ulas tentang kisah candi prambanan ya ,cek it dot ............. cerita di mulai (jangan berisik ya bacanya )

Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.


Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Memasuki candi Siwa yang terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi, anda akan menemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda yang diceritakan di atas.

Di Candi Wisnu yang terletak di sebelah utara candi Siwa, anda hanya akan menjumpai satu ruangan yang berisi arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, anda juga hanya akan menemukan satu ruangan berisi arca Brahma.

itulah kurang lebih cerita tentang CANDI PRAMBANAN ,dan ini foto - foto narsis kami disana :
maniz - manis kan foto - foto kami, nantikan cerita kami yang selanjutnya di candi borobudur :))



1 comment:

  1. Seluruh hal yang menyangkut mengenai kebudayaan indonesia adalah minat terbesar saya.Terima kasih telah memberikan pengetahuan yang lebih tentang indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia Lebih banyak lagi yang bisa anda kunjungi di Indonesia Oke

    ReplyDelete